Rabu, 10 Maret 2010

TUGAS 1

TUGAS I

Definisi E-commerce

Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan pada bidang manajerial dan professional sehingga Dampaknya mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja selain itu Dampaknya juga terjadi pada masyarakat dan politik, dan perspektif kita terhadap dunia dan diri kita didalamnya. berikut ini beberapa definisi dari para ahli tentang e-commerce :

Menurut Gary Coulter dan John Buddemeir (E-commerce Outline) : e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.

Menurut Donna Perry, pengertian e-commerce sangat sederhana yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, fax, telefon,

Dari pendapat para ahli diatas saya mencoba mendifinisikan e-commerce adalah suatu bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data digital termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual sehingga nantinya setiap orang akan dengan mudah mengakses informasi mengenai produk/jasa yang akan dibeli oleh konsumen. Di sini konsumen akan dimudahkan untuk mendapatkan produk/jasa yang dibutuhkan tanpa harus membuang waktu dan tenaga untuk mendapatkan informasi suatu Produk/jasa yang diinginkan, disisi lain produsen juga diuntungkan dalam hal promosi penjualan. untuk menjual produk dan / atau jasa di internet, sebuah perusahaan membutuhkan :

Komputer – bukan hanya beberapa komputer, tetapi dibutuhkan sebuah server dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi yang memungkinkan Secure Socket Layer (SSL) mempunyai enkripsi yang aman. Server ini harus benar-benar stabil.

Merchant account – yang diperoleh melaui sebuah bank atau institusi keuangan dan mengizinkan perusahaan menerima kartu kredit sebagai bentuk pembayarannya. Rekening ini sebaiknya menggunakan sebuah institusi yang mengetahui tentang perdagangan di internet dan yang menawarkan pemrosesan transaksi online secara real-time.

Website – sebuah website e-commerce.

Ruang lingkup e-commerce

Berdasarkan ruang lingkupnya, merupakan bagian dari Electronic Business seperti digambarkan pada gambar berikut :

ELECTRONIC BUSINESS, merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas.

ELECTRONIC COMMERCE, merupakan lingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik, dimana di dalamnya termasuk :

- Perdagangan via Internet (Internet Commerce)

- Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web-Commerce)

- Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik (Electronic Data Interchange/EDI)

Peluang e-commerce

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan e-commerce, akan mendatangkan peluang yang luas terutama munculnya proses bisnis baru dan jasa/produk baru dengan diperolehnya pasar baru bagi perusahaan/organisasi yang menggunakan e-commerce. Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana e-commerce akan menciptakan peluang baru tersebut.

Pada gambar diatas dijelaskan bahwa terjadi hubungan timbal balik antara pasar baru yang diperoleh dengan pemanfaatan e-commerce,demikian juga hubungan timbal-balik antara perusahaan dengan pemasok, konsumen dan partner kerjanya. Hubungan perusahaan dengan pemasok dan partner kerjanya akan memunculkan peluang terciptanya proses bisnis baru, sedangkan hubungan perusahaan dengan konsumen dan partner kerjanya akan memunculkan peluang terciptanya jasa & produk baru yang dihasilkan oleh perusahaan.

kalau melihat dari potensi di indonesia e-commerce mempunyai banyak peluang diantaranya:

@ Generasi muda Indonesia cepat menyesuaikan diri, hal ini bisa dilihat dengan semakin tingginya minat orang muda untuk mempelajari teknologi informasi baik secara formal maupun otodidak.

@ Tingkat pendidikan terus meningkat , ini bertujuan untuk mengimbangi kemajuan teknologi yang semakin pesat.

@ Meningkatnya kesadaran bahwa E-Commerce/Internet dapat:

*membuka pasar dan jasa baru,

*meningkatkan efisiensi

*memotong birokrasi, dll

@ Mulai dipikirkannya perangkat hukum yang mendukung berkembangnya E-Commerce dan Internet



Lisensi Dokumen:

Copyright © 2010 mohamad-muhdin.blogspot.com

Seluruh dokumen di mohamad-muhdin.blogspot.com bukan merupakan hasil plagiatisme, dan referensi yang digunakan merupakan dokumen yang copyrigtnya sah dan diijinkan untuk mengunduh informasi tersebut


Sumber data: (diunduh tanggal 05/03/2010)

http://elearning.amikom.ac.id/index.php/download/materi/190302001-ST108-1/2009/11/20091121_E-COMMERCE-1.ppt

http://www.its.ac.id/personal/files/material/1253-santoso-Perkembangan%20TIK%20bab%205.pdf

http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14141/e_commerce.pdf

McLeod, Raymond Jr.(1998). Management Information Systems. Prentice Hall, Texas

1 komentar: